Sabtu, 30 Agustus 2008

Keseimbangan

yaApa keseimbangan itu keadilan?
Keseimbangan mungkin bisa diterjemahkan secara bebas serasi atau saling menutupi atau sama?
Tuhan maha adil, bagaimana dengan adanya perbedaan kita?
Ternyata keseimbangan dan keadilan adalah dinamis keadilan bukan sama plek keteplek-teplek. Kita dilahirkan dengan lingkungan yang beda wajah yang beda, dari bentuk hidung sampai warna kulit kita tidak ada yang pernah sama? itulah keadilan.
Adalah suatu pedoman hidup orang Bali tentang keseimbangan adalah hubungan kita dengan Tuhan, hubungan kita dengan Manusia dan hubungan kita dengan Lingkungan kita. Kalau kita sudah bisa menjalani itu mungkin kita sudah seimbang. siapa yang bisa memastikan jalan kehidupan kita, semua penuh dengan kemungkinan....

Ilustrasi

Ada Oknum Anggota Dewan
Mr "X" namanya.
Anggota dewan setiap hari berangkat kerja membahas nasib rakyat yang melarat dengan berbagai perundang undangan yang sungguh mulia aturan-aturannya sampai pukul-pukulan sesama anggota dewan - katanya untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Saat Sholat tiba dengan semangatnya mereka berbondong-bondong ke Masjid yang mewah ruang Sholat ada AC yang dingin sekali, sampai membuat setiap Jama'ah bisa khusuk untuk berdoa, Doanya mudah-mudah dilebarkan Rizkinya.
Mr "X" Penghasilannya perbulan mungkin lebih dari Rp.100 juta/Bulan apakah itu menunjukan Sholatnya diterima Oleh Allah SWT?

Ada Oknum Tukang Blanjan.
Paijo namanya
Dia Jualan Sayuran,Ikan, dll. dia beli di pasar induk dia berangkat naik becak dikayuh sendiri di iderke (dijajakan sendiri). saat sholat tiba dia ambil wudlu kran terdekat lalu ambil koran yang mungkin sudah disiapkan dari rumah hanya untuk tatakan Sholat dengan khusuknya dipinggir jalan dibawah terik Matahari. dia mungkin tidak pernah Berpikir untuk berdoa untuk mendapatkan uang Rp. 100juta/Bulan. Berpikirpun tidak berani apalagi berdoa untuk mendapatkannya.
hasilnya mungkin hanya Rp.30ribu sehari, padahal masih ada tiga perut yang menunggu di Rumah. Apakah paijo Sholatnya tidak diterima Oleh Allah SWT?
Mungkin jawabannya hanya Tuhan yang Tahu.

Tidak ada komentar: